Kapal Ternak Gak Berguna? Buktinya Harga Daging Turun Banyak TUH

12:18 PM Unknown 0 Comments


RatuPoker88 Judi Texas Holdem Poker Online Asli Terpercaya Dan Terbesar Indonesia


Perubahan Harga Daging Sapi
Kapal ternak Camara Nusantara I, yang disiapkan Presiden Joko Widodo, "berhasil" mengangkut ternak dari Nusa Tenggara Timur (NTT).

Padahal, sebelumnya, kapal tersebut harus pulang dalam keadaan kosong karena peternak enggan menjual sapi yang diangkut menggunakan kapal itu.

Kapal dengan kapasitas tampung 500 ekor sapi itu mulai mengangkut 300 ekor sapi dari Kupang dan sisanya akan diangkut dari Pulau Sumba.

Kepala Bidang Agribisnis Dinas Peternakan NTT Aris Herewila kepada sejumlah wartawan, Rabu (3/2/2016), mengatakan, berdasarkan kesepakatan dengan pemerintah pusat, jumlah sapi yang disiapkan hanya 500 ekor.

Perubahan Harga Daging Sapi
Perubahan Harga Daging Sapi
"Yang dari Pelabuhan Tenau hari ini 300 ekor. Nanti setelah 300 termuat semua, kapal akan segera berangkat ke Waingapu, Kabupaten Sumba Timur, untuk mengangkut 200 ekor," kata dia.

"Berdasarkan apa yang sudah disepakati pemerintah pusat, dalam hal ini Kementerian Pertanian dengan Pemerintah Daerah Sumba Timur, pemuatan dari NTT sesuai kapasitas maksimal kapal sebanyak 500 ekor," kata dia.

Sementara itu, salah seorang peternak, Anis Laka, mengaku banyak pengusaha sapi yang kecewa karena sapi mereka yang sudah dikarantina berminggu-minggu tetapi tidak ada yang diakomodasi seekor pun.

Mereka mengaku merugi hingga puluhan juta rupiah. "Kami tidak bisa muat sapi karena alasannya bahwa kapal ini datang muat di sini hanya prioritaskan PT Berdikari dan PT Darma Jaya," kata Anis.

"Padahal, saya punya sapi ini, mau muat dengan kapal kargo, tetapi dari Dinas Peternakan menekan untuk tidak boleh kirim dengan kapal kargo, dan harus tunggu kapal Cemara Nusantara," kata Anis.

"Nah, sekarang saya punya barang sudah tampung dikarantina sudah hampir dua minggu ini, tetapi ternyata setelah kapal Cemara Nusantara masuk, saya malah tidak dapat bagian untuk muat," ujarnya.

Menurut Anis, kini ada 200 ekor sapinya yang tak terangkut. Anis berharap, pemerintah bisa melakukan pengadaan tambahan kapal pengangkut ternak sehingga bisa mengakomodasi semua sapi yang mereka sediakan. 1

Pakai Jasa Perantara, Mentan Pede Bisa Dapat 1.000 Ekor Sapi/Bulan

Kapal ternak KM Camara Nusantara I dijamin tidak akan berlayar kosong tanpa muatan lagi. Bahkan, kini kapal ternak sudah mendapat jaminan bisa berlayar dengan muatan penuh dari Nusa Tenggara Timur (NTT) ke DKI Jakarta sampai 2 kali per bulan.

Pasalnya, pemerintah menggandeng 13 perusahaan untuk memasok 1.000 ekor sapi ke kapal ternak setiap bulan. Dari 13 perusahaan tersebut, 10 diantaranya adalah perusahaan swasta lokal di Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Kita kerjasama dengan pengusaha ada 13, yaitu 10 dari pengusaha lokal di NTT. Minimal mereka pasok 2 kali sebulan, berarti 1.000 ekor," kata Amran saat menyambut kedatangan kapal ternak di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (9/2/2016).

Ada pun 3 perusahaan lainnya adalah 2 BUMN dan 1 BUMD DKI Jakarta, yaitu PT Berdikari, Perum Bulog, dan PD Dharma Jaya.

"Di antaranya PT Berdikari, PD Dharma Jaya, kemudian Perum Bulog. Ketiga pemain ini yang dominan, 10 lagi pengusaha lokal yang pasok ke Dharma Jaya dan Berdikari," papar Amran.

Diakuinya, harga sapi yang dipasok para pengusaha lokal ini lebih mahal daripada yang dipasok oleh Bulog, Berdikari, dan Dharma Jaya. Selisihnya antara Rp 1.000-2.000/kg bobot hidup.

"Pasti di atasnya, harga selisih Rp 1.000-2.000/kg lah," ucapnya.

Harga Daging turun hingga Rp 85.000/kg

Meski ada pedagang perantara, dia menjamin harga sapi tetap murah, sampai di Jakarta Rp 35.000-36.000/kg bobot hidup dan dijual dalam bentuk daging sapi seharga Rp 85.000/kg ke masyarakat.

"Harganya sampai di sini Rp 35.000-36.000/kg bobot hidup, dan Berdikari jual Rp 85.000/kg," tandas Amran.

Menurut dia, kapal ternak akan mengubah struktur pasar dalam jangka panjang, memangkas rantai pasokan dan menekan biaya distribusi, sehingga harga sapi di peternak naik tapi harga di konsumen turun.

"Ini menaikkan harga di tingkat produsen, menurunkan harga di konsumen, ini mengubah struktur pasar," tutupnya.

Sebagai informasi, Kapal ternak KM Camara Nusantara I pada pukul 06.30 WIB pagi ini kembali merapat di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, dengan membawa 299 ekor sapi. Dari 500 ekor yang dibawa dari Pelabuhan Tenau, NTT, sebanyak 167 ekor sapi diturunkan di Cirebon tanggal 8 Februari lalu dan 33 ekor sapi di Surabaya tanggal 6 Februari. 2


Promo Eksklusif dari RatuPoker88 dan RatuDomino88 :
* Bonus Referal sebesar 10% seumur hidup
* Bonus CashBack TurnOver 0,30% / minggu
* Bonus Double Jackpot 
* Bonus Extra Referal sampai 8juta ++

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Promo Eksklusif RatuPoker88 & RatuDomino88 :

Dengan jaminan fairplay dan promo menarik yang diberikan, kami berani bertaruh anda dapat meraup keuntungan sebanyak-banyaknya dari web kami !!

Tunjukkan keahlian anda bermain kartu online uang asli dengan withdraw sebanyak-banyaknya!
Kemenangan anda adalah berkah, withdraw dengan proses tercepat!!

Contact Us :
BBM    = 75176F02
Livechat 24 jam

Link Alternatif = 

0 comments: